Pembelian Yang Berkaitan Dengan Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari,
menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan
memuaskan kebutuhan mereka. Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau
mengeluarkan sumber dananya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk
mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan. Analisis tentang berbagai faktor
yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi
pemasaran. Pemasaran wajib memahami konsumen, seperti apa yang dibutuhkan, apa
seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.
Alasan mempelajari perilaku konsumen antara lain:
1.
Analisis ini akan membantu para manajer
untuk :
·
Mendesain bauran pemasaran
·
Mensegmen pasar bisnis
·
Memposisikan dan mendiferensiasikan produk
·
Melaksanakan analisis lingkungan
·
Mengembangkan studi riset pasar
· Perilaku konsumen harus memainkan peranan
yang penting dalam pengembangan kebijakan publik
· Studi terhadap hal ini akan memungkinkan
seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
·
Analisis konsumen memberikan pengetahuan
menyeluruh tentang perilaku manusia
·
Studi perilaku konsumen juga memberikan
tiga jenis informasi :
Ø Orientasi konsumen
Ø Fakta-fakta tentang perilaku manusia
Ø Teori-teori yang menjadi pedoman proses pemikiran
Terkait dengan perilaku konsumen, maka terkait pula dengan prinsip 5W + 1H
:
1.
Why :
mengapa mendapatkan barang atau jasa tersebut ?
2.
What :
berupa apa barang atau jasa tersebut ?
3.
Who :
siapa yang mendapatkan barang atau jasa itu ?
4.
When :
kapan bisa didapatkan barang atau jasa tersebut ?
5.
Where :
dimana barang atau jasa tersebut bisa didapatkan ?
6.
How :
bagaimana barang atau jasa tersebut didapatkan ?
Berikut adalah contoh kasusnya :
Anggun Maharani, mahasiswa Universitas
swasta terkenal di Bekasi dan ia juga bekerja di sebuah bankswasta di Bekasi
(Who) ingin membeli (How) laptop (What). Ia ingin membelinya karena mudah untuk
dibawa-bawa (Why). Ia berencana membelinya akhir bulan depan setelah menerima
gajinya (When) dipusat perdagangan komputer di daerah Mangga Dua (Where). Mempelajari
5W + 1H ini merupakan inti dari perilaku konsumen.
o Menurut James F.Angel – Roger D.Blackwell – Paul W.Miniard terdapat
tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu :
1. Pengaruh lingkungan,
terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau
menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen
hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka
dipengaruhi oleh keempat faktor tersebutdiatas.
2. Perbedaan dan
pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupakan faktor
internal (interpersonal) yang menggerakan serta mempengaruhi perilaku. Kelima
foktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses
keputusannya.
3. Proses psikologis,
terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap danperilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian
konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam
pengambilan keputusan pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar