Segmentasi Pasar
Segmentasi
pasar merupakan kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang
memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi
pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan
menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisa perbedaan antara pembeli
di pasar.
Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi
Pasar
Dalam penetapan
segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu :
·
Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar
konsumen :
Ø Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan
kepadatan iklim.
Ø Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan,
pendidikan, dll.
Ø Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan
kepribadian.
Ø Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status
pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
·
Dasar – dasar segmentasi pada pasar
industri.
o Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi
geografis, dan banyaknya langganan.
o Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas
produk, dan pelanggan.
Syarat segmentasi Pasar
Ada beberapa syarat
segmentasi yang efektif yaitu :
1.
Dapat diukur
2.
Dapat dicapai
3.
Cukup besar atau cukup menguntungkan
4.
Dapat dibedakan
5.
Dapat dilaksanakan
Tingkat Segmentasi Pasar
Karena pembelian
mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi
pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada
beberapa tingkat yang berbeda, yaitu :
· Pemasaran massal. Pemasaran massal
berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk
produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
· Pemasaran segmen. Pemasaran segmen
menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku
pembelian.
· Pemasaran ceruk. Pemasaran ceruk
(marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk
adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.
· Pemasaran mikro. Praktek penyesuaian
produk dan program pemasaran agar cocok dengan cita rasa individu atau lokasi
tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran
individu.
Manfaat Segmentasi Pasar
Sedangakan manfaat dari
segmentasi pasar adalah: Penjual atau produsen berada dalam posisi yang
lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran. Penjual atau
produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik
dan daya tarik pemasarannya.
Menentukan Pasar Sasaran
Langkah-langkah dalam
menetukan pasar sasaran yaitu :
· Langkah pertama. Menghitung dan
menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada.
· Langkah kedua. Mencatat hasil
penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.
Keren sob
BalasHapuswww.kiostiket.com